Jumat, 30 Mei 2014

tabel dan grafik



GRAFIK:



Gambar 1.1 Jumlah Pengguna Internet Indonesia dari tahun 1998-2012 versi APJII


         Data yang bisa diambil dari grafik diatas adalah penggunaan teknologi internet di Indonesia mulai berkembang semenjak tahun 1998. Di tahun 1998 pengguna internet di Indonesia hanya berjumlah 0.5 juta orang dan terus menerus berkembang pesat hingga mencapai angka 55 juta pengguna di tahun 2011 dan 63 juta pengguna di tahun 2012.






TABEL:
Tabel 1.1
data penjulan perangkat bergerak dan smartphone pada tahun 2010


Dari data diatas bisa kita simpulkan bahwa:

1. Market share Nokia turun namun penjualan mereka tetap naik. Hal ini mungkin disebabkan karena meningkatnya permintaan handphone sehingga penjualan mereka tetap naik walaupun market share mereka turun karena himpitan pesaing

2. Sony Ericsson dan Motorolla mengalami penurunan market share hampir setengah dari tahun sebelumnya. Berikut juga dengan penjualan handphone mereka yang mengalami penurunan.

3. HTC dan ZTE mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada penjualan dan market share handphone mereka. Kedua perusahaan dari Asia Timur ini memang belakangan gencar dalam mendistribusikan dan mempromosikan produk-produk mereka

4. “The others” ini yang paling menarik dari seluruh data di atas. Gabungan dari mereka semua secara tidak langsung sebetulnya merajai pasar handphone. Menurut perkiraan saya, “the others” ini kemungkinan adalah kebanyakan gabungan dari vendor-vendor lokal kecil yang menggunakan komponen-komponen dari Cina. Di Indonesia sendiri bisa kita lihat dengan jelas seberapa agresifnya handphone “Cina” berkembang.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar