BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Hampir setiap orang saat ini telah memiliki dan menggunakan
handphone dalam aktivitas komunikasi. Perkembangan handphone berbasis “smartphone”
mengalami perkembangan yang sangat cepat. Berbagai aplikasi bisnis terdapat
dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor dapat dilihat dan
dikerjakan dalam sebuah ponsel. Salah satu contoh smartphone adalah blackberry
dan Samsung android. Pengguna telepon seluler yang semakin pandai memilih
produk yang dibutuhkan. Karena hal tersebutlah setiap provider berusaha untuk
memberikan fasilitas yang lebih baik dari setiap layanan.
Meskipun banyak fasilitas yang disediakan oleh smartphone
tersebut, dan diminati oleh semua kalangan terutama kalangan pebisnis. Provider
Esia tidak kalah saing oleh handphone-handphone berbasis smartphone tersebut,
handphone Esia tetap diminati oleh semua kalangan, meskipun berbasis CDMA. Dari
segi harga dan fasilitas yang disediakan provider Esia ini pun tidak kalah
dengan handphone smartphone tersebut. Hal tersebut mencerminkan bahwa meskipun
bukan berbasis smartphone, handphone Esia tersebut tetap diminati.
Dengan melihat penguraian diatas tersebut, peneliti merasa
ingin melakukan penelitian mengenai apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas pelanggan Esia tersebut, mengetahui pengaruh kualitas produk,
kualitas pelayanan, desain produk, harga,
dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan.
Perumusan Masalah
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis akan mencoba merumuskan
persoalan dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut :
a. Apa sajakah
faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada provider handphone
Esia?
b. Apakah variabel
kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, harga, dan kepercayaan
mempengaruhi terhadap loyalitas pelanggan?
Tujuan Penelitian
Berdasarkan dari latar belakang dan perumusan masalah
penelitian yang telah diuraikan, tujuan dari penelitian ini adalah:
c. Untuk
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada provider
handphone Esia.
d. Untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan,
desain produk, harga, dan kepercayaan terhadap loyallitas pelanggan.
Kegunaan Penelitian
Penelitian ilmiah yang akan dilakukan penulis ini
mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun pihak-pihak lain
yang berkepentingan.
1. Manfaat akademis
Penelitian yang sangat berhubungan dengan manajemen dana bank,
manajemen perkreditan, serta keuangan internasional diharapkan dapat lebih
dipahami oleh pihak yang berkepentingan
2. manfaat dalam implementasi
Penelitian ini difokuskan pada bank Mandiri sebagai objek
penelitian sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai
pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.
Batasan Masalah
Mengingat begitu luasnya ruang lingkup pada penelitian ini,
maka penulis membatasi permasalahan tersebut pada:
1. Melihat begitu
banyaknya jumlah merek telepon seluler di Indonesia, maka penulis dalam
penelitian ini memilih telepon seluler Esia sebagai bahan penelitian dilihat
dari segi loyalitas pelanggan telepon seluler Esia.
2. Loyalitas
pelanggan terhadap sebuah produk terdiri beberapa faktor-faktor, sehingga
penulis akan mengelompokan faktor-faktor tersebut berdasarkan kualitas produk,
kualitas pelayanan, desain produk, harga, dan kepercayaan.
3. Alat bantu yang
digunakan untuk menganalisa data statistik agar dapat diolah dan ditampilkan
sehingga dapat menyajikan suatu informasi dalam penelitian ini adalah
menggunakan software SPSS.
4. Data yang
diteliti merupakan data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung
dari sumbernya, yaitu responden yang terpilih.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Pemasaran merupakan sebagai suatu proses sosial dan
managerial yang membuat idividu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain.
Manajemen pemasaran merupakan sebagai kegiatan yang
direncanakan, dan diorganisasikan yang meliputi pendistribusian barang,
penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang
telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama
dari pemasaran dapat tercapai.
Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan
dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi / melebihi
harapan.
loyalitas adalah suatu komitmen yang mendalam untuk membeli
kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten di masa yang
akan datang sehingga dapat menyebabkan pengulangan pembelian merek yang sama
walaupun ada pengaruh situasi dan berbagai usaha pemasaran yang berpotensi
untuk menyebabkan tindakan perpindahan merek.
loyalitas konsumen adalah komitmen yang mendalam untuk
membeli ulang atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten di masa
yang akan datang, dengan demikian mengakibatkan pengulangan pembelian merek
yang sama walaupun dipengaruhi situasi dan upaya pemasaran yang mempunyai
potensi untuk menyebabkan tindakan berpindah ke pihak lain.
Produk adalah semua yang bisa ditawarkan dipasar untuk
mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi
keinginan atau kebutuhan konsumen.
Kualitas produk mencerminkan kemampuan produk untuk
menjalankan tugasnya yang mencakup daya tahan, kehandalan, kemajuan, kekuatan,
kemudahan dalam pengemasan, dan reparasi produk dan ciri-ciri lainnya.
Kualitas pelayanan adalah penilaian konsumen tentang kehandalan
dan superioritas pelayanan secara keseluruhan. Konsumen akan membuat
perbandingan antara yang mereka berikan dengan apa yang didapat.
Desain dapat membentuk atau memberikan atribut pada suatu
produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada merek suatu produk. Ciri khas
dari suatu produk tersebut pada akhirnya akan dapat membedakannya dengan
produk-produk sejenis merek lain dari pesaing.
Harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan untuk suatu
produk atau jasa, jumlah nilai yang ditukarkan konsumen untuk manfaat memiliki
atau menggunakan produk atau jasa.
Kepercayaan sebagai kesediaan (willingness) seseorang untuk
menggantungkan dirinya pada pihak lain dengan resiko tertentu. Kepercayaan
terhadap merek terbentuk dari pengalaman masa lalu dan interaksi sebelumnya.
PERUMUSAN HIPOTESA
Berdasarkan perumusan masalah, tinjauan pustaka, dan
tinjauan penelitian, maka dapat ditarik hipotesis sementara dari penelitian
ini, yaitu:
H1: Semakin baik kualitas produk (X), maka semakin tinggi
pula tingkat
loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
H2: Semakin baik kualitas pelayanan yang ditawarkan (X),
maka semakin
tinggi pula tingkat loyalitas pelanggan pada suatu produk
(Y).
H3: Semakin baik desain suatu produk (X), maka semakin
tinggi pula tingkat
loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
H4: Semakin wajar harga suatu produk (X), maka semakin
tinggi pula tingkat
loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
H5: semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada suatu
produk (X),
maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas pelanggan pada
suatu produk (Y).
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Data Penelitian
1. Sumber Data
Sebagian besar penelitian menggunakan sumber data berupa
kuesioner.
2. Jenis Data
Dengan jenis data yang digunakan, yaitu:
Data kuantitatif dan Data kualitatif
3. Tipe Data
Tipe data yang digunakan dalam penelitian data ini berupa
data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang berasal langsung
dari sumber data yang dikumpulkan secara khusus dan berhubungan langsung dengan
pemersalahan yang diteliti. Data primer dalam penelitian ini diperoleh secara
langsung dari sumbernya, yaitu responden yang terpilih
Objek Penelitian
Objek penelitian adalah Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan handphone Esia, sedangkan sampel yang digunakan peneliti adalah 30
responden.
Alat Yang Digunakan
Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah
software SPSS
Model Analisis
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi linier berganda dengan metode uji validitas, uji reliabilitas,
dan uji asumsi klasik dengan uji multikolinearitas dan uji autokorelasi.
RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah untuk memenuhi
salah satu syarat memperoleh gelar sarjana, maka semua biaya penelitian ini
akan ditanggung oleh penulis.
JADWAL PENELITIAN
Minggu I : Persiapan
Minggu II - IV : pengumpulan dan analisis data
Minggu V - IX : penyusuna laporan
Minggu X-XII
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar